Rabu, 17 Agustus 2011

Web Server

Web Server


Web server merupakan server yang menangani komunikasi data pada internet melalui jalur world wide web atau HTML (Hyper Text Markup Language). Web server merupakan inti dari server-server di internet, karena sebagian besar permintaan layanan komunikasi berupa HTTP ( Hypertext Transfer Potocol ). Pada kenyataannya apabila kita mengakses internet maka layanan yang banyak kita gunakan adalah web service, yaitu layanan informasi berbasis web.

Layanan http dapat dilakukan karena kita melakukan request pada host yang ada di internet, dan host tersebut menanggapi dengan mengirimkan informasi yang kita butuhkan berupa kode-kode html yang akan diubah kebentuk halaman web oleh browser kita.
Salah satu contoh web server yang biasa digunakan adalah apache. Apache pertama kali didesain pada sistem Unix, tetapi pada versi berikutnya apache dapat dijalankan pada mesin Windows NT.
Konfigurasi apache sepenuhnya dengan mengunakan file. File utama dalam konfigurasi apache adalah httpd.conf yang secara default instalasi pada Ubuntu ada pada /etc/apache2/httpd.conf
Beberapa hal dasar dari setting apache antara lain :

1. Direktive ServerRoot "/etc/apache2"
Merupakan direktive yang mengatur letak dari direktori standar dari Apache.

2. Direktive Listen 80
Berfungsi menentukan port dimana apache berjalan

3. Direktive ServerAdmin root@localhost
Direktive ini berfungsi memberikan informasi mengenai alamat email dari admin server.

4. Direktive DocumentRoot "/var/www/html/"
Merupakan konfigurasi untuk root dokumen dari user-user yang menggunakan server.

5. Direktive DirectoryIndex index.html index.html.varDirektive yang mengatur otomatisasi dari halaman indek dari web

Tidak ada komentar:

Posting Komentar