Rabu, 17 Agustus 2011

Testing Tools Hardware Untuk Hard Drive

Testing Tools Hardware Untuk Hard Drive
Posted Jul.05, 2010 under Perawatan Komputer
Sebelum bicara lebih jauh tentang Testing Tools Hardware, apakah Anda paham betul apa itu Hard Disk Drive? Hard disk drive adalah penyimpanan data utama dalam komputer. Sistem operasi, software dan file yang terbanyak lainnya disimpan di hard disk drive. Hard Disk Drive adalah Juga Dikenal Sebagai; HDD (singkatan), hard drive, hard disk, fixed drive, fixed disk, fixed disk drive. Masalah yang sering muncul adalah ketika hard disk rusak, kadang-kadang susah untuk memastikan bahwa hard disk memang benar-benar rusak. Oleh karena itu Anda membutuhkan software untuk mengetes kerusakan hard drive.
Ada banyak free tools tes hard drive yang tersedia untuk membantu Anda menentukan, menduga kemungkinan masalah dengan hard drive. Beberapa alat ini sudah merupakan bawaan sistem operasi Anda, sementara lainnya disediakan dari produsen hard drive. Catatan: Jika salah satu dari tool tes berikut sudah menunjukkan hasil negatif, segeralah ganti hard drive Anda. Inilah alat tes tersebut;
  1. Seagate SeaTools. Seagate SeaTools adalah perangkat lunak pengujian hard drive yang tersedia dalam dua bentuk: (1) SeaTools for DOS yang berjalan independen pada sistem operasi Anda pada CD atau disk sendiri, sehingga sangat handal. Tools ini berjalan pada program DOS. Artinya dijalankan tidak melalui sistem operasi windows. (2) SeaTools untuk Windows adalah program yang diinstall pada sistem Windows Anda. Artinya dijalankan melalui sistem operasi windows . Tes tool ini tidak hanya untuk merk Seagate dan Maxtor saja tetapi juga untuk merk lain.
  2. Hitachi Drive Fitness Test. Hitachi Drive Fitness Test adalah perangkat lunak untuk diagnostik hard drive. Perangkat lunak Hitachi Drive Fitness Test tersedia sebagai file ISO yang dapat dibakar ke CD dan kemudian digunakan untuk boot komputer. Catatan: Anda tidak harus memiliki hard drive Hitachi menggunakan Drive Fitness Test (DFT).
  3. Microsoft Windows Built-In Error Checking. Memeriksa kesalahan, kadang-kadang disebut sebagai scandisk, adalah alat uji hard drive yang sudah tersedia pada Microsoft Windows yang dapat mendiagnosa hard drive anda dalam mencari berbagai kesalahan. Alat ini juga dapat mencoba untuk memperbaiki beberapa masalah hard drive.
  4. Samsung HUTIL. Samsung HUTIL adalah utilitas gratis diagnostik hard drive untuk hard drive Samsung. HUTIL kadang-kadang disebut ES-Tools. Samsung tool HUTIL tersedia sebagai file ISO untuk dibakar ke CD. Hal ini membuat sistem operasi HUTIL independen dan alat pengujian yang lebih baik, daripada yang dirancang untuk berjalan dalam Windows. Ini juga mungkin untuk menjalankan HUTIL dari disket bootable. Catatan: HUTIL hanya akan menguji Samsung hard drive saja.
  5. Western Digital Data Lifeguard Diagnostic. Western Digital Data Lifeguard Diagnostik adalah perangkat lunak pengujian hard drive yang dirancang secara untuk merek Western Digital hard drive. Western Digital Data Lifeguard Diagnostik tersedia dalam format bootable ISO dan memungkinkan untuk beberapa tes hard drive. Lihat petunjuk instalasi dari Western Digital untuk rincian penggunaannya. Catatan: Walaupun Data Lifeguard Diagnostik dirancang khusus untuk hard drive merk yang sama, dalam penerapannya ternyata dapat berfungsi dengan baik pada diagnostik pada hard disk dari produsen lain, tetapi drive utama di komputer harus drive Western Digital.
Jika anda ingin menggunakan salah satu dari software di atas, mudah saja tinggal ketik nama softwarenya di web browser dan anda pasti akan mendapatkannya. Jika anda mau jalan pintas, silakan kunjungi alamat ini;
http://pcsupport.about.com/od/toolsofthetrade/tp/tophddiag.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar