Kamis, 18 Agustus 2011

Memindahkan Folder Documents Pada Windows 7

Memindahkan Folder Documents Pada Windows 7
Posted Jan.25, 2011 under Perawatan Komputer

System terserang virus, komputer tidak bisa dijalankan dan akhirnya diinstall ulang dan semua data pada folder Documents hilang. Itulah keluhan yang sering saya terima. Masalah seperti ini sering dialami oleh mereka yang hanya sebagai pengguna murni computer. Artinya kalau computer bermasalah maka harus diserahkan kepada orang lain untuk memperbaiki.
Salah satu cirri dari user murni adalah selalu bekerja pada folder Documents sebagai default folder penyimpanan pekerjaan. Masalahnya adalah folder Documents ini berada pada drive system yang sewaktu-waktu dapat bermasalah dan yang paling buruk adalah jika tidak ada backup dan hard disk diformat maka data akan hilang. Kalau begini biasanya pengguna pemula langsung kalang kabut.
Pada artikel ini saya akan memandu tidak untuk mencari data yang hilang itu tetapi mencegah agar folder Documents tidak hilang walaupun drive system telah diformat ulang. Caranya adalah folder ini harus dipindahkan ke drive lain (mungkin drive data) dalam komputer anda. Keuntungannya adalah jika anda mengupdate file dalam folder Documents pada drive system maka secara otomatis Documents pada drive lain juga akan terupdate.
Catatan : Bagi pengguna Windows XP, folder Documents ini dikenal sebagai folder My Documents
Inilah langkah-langkahnya;
  1. Dari desktop silakan tekan tombil [Windows + E] untuk membuka jendela explorer
  2. Setelah itu pada jendela yang baru, cari folder Documents disebelah lalu cari lagi folder dengan nama yang sama (Documents) didalamnya, folder kedua inilah sasaran kita.
  3. Silakan klik kanan pada [Documents] tadi lalu pilih [Properties] pada pilihan paling bawah.
  4. Dari jendela properties silakan pilih tab[ Location]
  5. Dari jendela [Documents Properties] seperti diatas, silakan klik [Move] maka akn muncul jendela berikut ini;
  6. Berdasarkan gambar pada point 5 diatas, silakan cari pada folder mana anda akan menyimpan [Documents] anda. Setelah ditemukan lokasinya silakan klik [Select Folder].
  7. Setelah langkah 6 diatas selesai, maka anda akan masuk kembali ke jendela [Documents Properties]. Silakan klik tombol [Aply] dan akan muncul konfirmasi seperti berikut;
  8. Langsung jawab [Yes] maka proses akan berlanjut dan akan muncul gambar berikut;
  9. Silakan tunggu sampai proses copy selesai.
  10. Setelah proses copy file selesai, untuk mamastikan hasilnya silakan cari folder yang anda pilih pada langkah 5 diatas.
Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar