Kamis, 18 Agustus 2011

Form Cantik Dengan Dellphii

Form Cantik Dengan Dellphii

Akhir-akhir ini perkembangan perangkat lunak melaju dengan pesatnya. Meskipun perkembangannya tidak sebanding dengan perangkat keras, perkembangan software ini patut kita acungi jempol. Seiring dengan berjalannya waktu, banyak perusahaan software yang muncul dan tenggelam. Muncul akibat dorongan serta semangat dan tenggelam karena tidak kuat dalam persaingan. Bisnis software memang cukup menjanjikan utamanya karena pasar yang begitu luas. Namun pasar yang luas tersebut
terkadang malah menjadi bumerang karena kita harus bersaing dengan perusahaan asing yang notabene dalam hal modal dan sumber daya manusia mereka lebih unggul.
Selain aplikasi yang kita bangun memiliki keunggulan dalam hal teknologi, maka hendaknya aplikasi tersebut juga memiliki design interface yang bagus disebabkan kita selalu berhubungan dengan konsumen yang notabene sebagian besar konsumen di negara kita masih menganggap bahwa tampilan merupakan salah faktor yang cukup penting sebagai pertimbangan dalam membeli perangkat lunak.
Bagi anda yang sudah sering bergelut dengan pemrograman tentu tidak asing dengan apa yang dinamakan form. Form merupakan bingkai dasar dari sebuah aplikasi yang umumnya berbasis GUI(Graphic User Interface). Form standar atau form tradisionil umumnya berbentuk kotak. Bagi seseorang yang dinamis dan berjiwa seni tinggi tentu akan bosan dengan design form seperti ini.
Salah satu cara untuk memodifikasi bentuk form adalah dengan menggunakan region. Fungsi HRGN atau region dapat memodifikasi bentuk form menjadi model roundrect, rectangular, elliptical, polygonal dan sejenisnya berikut kombinasi bentuk-bentuk dasar tersebut (combinergn).
Setelah lama bergelut dengan region, saya menemui kendala yaitu akan cukup sulit menggunakan
region bila bentuk form yang akan kita buat tidak sama dengan bentuk dasar ataupun kombinasi dari region. Selain itu waktu yang dibutuhkan juga cukup lama. Lalu saya memutuskan untuk mencari komponen yang dapat merubah form standar. Setelah mencari kemana-mana akhirnya saya menemukan komponen dxfShapedForm, bagian dari ExpressForumLibrary(tm) Componen Suite yang dikembangkan oleh Developer Express Inc. Jika anda membeli paket original Delphi maka anda akan menemukan komponen ini pada cd Delphi Companion Tools.
Melihat contoh yang disertakan saya langsung tercengang. Ternyata membuat form yang cantik dapat
dilakukan dengan mudah dan cepat. Kita tinggal menempatkan komponen pada form, meload gambar, mengaktifkan komponen dan form cantik dapat segera digunakan. Akhirnya saya berfikir lagi bagaimana kalau digunakan komponen standar Delphi saja agar program menjadi lebih ringan. Dari Lisensi Dokumen:

Seluruh dokumen di IlmuKomputer.Com dapat digunakan, dimodifikasi dan
disebarkan secara bebas untuk tujuan bukan komersial (nonprofit), dengan syarat tidak
menghapus atau merubah atribut penulis dan pernyataan copyright yang disertakan
dalam setiap dokumen. Tidak diperbolehkan melakukan penulisan ulang, kecuali
mendapatkan ijin terlebih dahulu dari IlmuKomputer.Com.


Oke, langsung saja kita mulai step by step membuat form cantik ini:
1. Buka Delphi anda dan buatlah projek baru (standar EXE). Langkah ini dapat diakses melalui
File > New > Application
2. Tambahkan komponen image pada form. Komponen ini terletak pada tab Additional.
Gambar yang akan anda tambahkan ini nantinya akan menjadi background sekaligus bentuk
dari form. Agar gambar bisa transparan pada form, anda dapat membuat gambar dengan
format .gif transparan atau .bmp dengan warna background khusus (background harus
berwarna #FF00FF)
3. Klik ganda pada komponen image sehingga akan membuka kotak dialog seperti ditunjukkan
pada gambar
Gambar 1. Load gambar
Klik tombol Load untuk mengambil gambar
4. Sesudah gambar diload, klik sekali lagi komponen image untuk mengaktifkannya. Pada
properties di object inspector untuk komponen image, ubah nilai Transparent ke true.
Langkah ini mengakibatkan gambar menjadi transparan. Jika gambar anda tidak menjadi
transparan, berarti gambar yang anda gunakan masih salah. Perbaiki dulu gambar anda baru ikuti langkah selanjutnya
5. Klik nama form di Object Tree View untuk mengaktifkan form. Pada Properties di Object Inspector untuk komponen form ini ubah nilai BorderStyle menjadi bsNone. Coba run projek anda dengan menekan F9. Tampak bahwa form tidak memiliki border, namun form asli masih tampak, hal ini terlihat dari adanya background dibelakang image.
6. Hal yang akan kita lakukan adalah membuat transparan background dari form. Dalam
mentransparankan background form ini terdapat tiga nilai dari properties yang harus kita ubah yaitu Color, TransparentColor, TransparentColorValue. Ubah nilai Color dan
TransparentColorValue dengan nilai yang sama misal clBlack. Set nilai TransparentColor dengan true. Hasilnya ditunjukkan pada gambar dibawah

Gambar 2. Form transparan pada saat dirun Tampak bahwa background pada form menjadi transparan sehingga bentuk daripada form selalu mengikuti bentuk gambar yang kita buat. Namun, apakah pekerjaan kita sudah selesai? Ternyata belum karena form tersebut tidak dapat didrag seperti form pada umumnya.
Pada langkah ke 7 kita akan mengatasi hal ini
7. Agar form yang kita buat dapat didrag tambahkan potongan kode berikut:
procedure WMNCHitTest(var msg : TWMNCHitTest);message
WM_NCHitTest;
Letakkan definisi prosedur diatas pada bagian type, dapat juga diletakkan pada bagian
deklarasi private atau deklarasi public tergantung dari kebutuhan. Jika anda ingin
menggunakan prosedur tersebut pada unit lain maka letakkan pada deklarasi public, pun
sebaliknya.
Pada bagian implementasi tambahkan kode berikut:
procedure TForm1.WMNCHitTest(var msg : TWMNCHitTest);
begin
inherited;
if (msg.Result = htClient) then
if Msg.YPos < Top + 40 then msg.Result := htCaption; end; Ada 2 hal yang harus anda perhatikan ketika menambahkan kode diatas. Hal tersebut ditunjukkan dengan teks warna merah. Form1 menunjukkan nama form. Jika nama form anda misalnya frmPetunjuk maka ubah Form1 menjadi frmPetunjuk. Kedua yaitu nilai 40. Nilai ini menunjukkan jarak dari form bagian atas yang dapat didrag. Semakin besar nilai ini maka bagian dari form yang dapat didrag semakin besar Form diatas adalah form modifikasi sehingga anda harus menambahkan beberapa even dan komponen yang pada umumnya sudah terdapat pada form biasa semisal close, maximize, minimize dan sebagainya. Anda dapat juga menambahkan komponen semisal button untuk menjalankan even-even tersebut. Gambar 3. Form yang ditambah komponen lain Sebenarnya anda dapat juga menggunakan skin untuk membuat form cantik ini. Namun saya tidak menyarankan penggunaan skin ini. Selain program menjadi berat diakibatkan oleh penggunaan komponen tambahan bisa itu berupa librari atau ocx (ActiveX), kompabilitas dengan komponen standar Delphi juga menjadi kendala. Bukankah lebih baik memodifikasi sesuatu yang standar daripada harus menggunakan suatu fitur embeded !? Sekian dulu trik dari saya semoga bermanfaat bagi anda semua. Komentar, saran dan pertanyaan mengenai trik ini harap dikirimkan ke admin@ahmadimron.com. This article is dedicated to my loving and supportive friend Amberdawn. Kuliah Berseri IlmuKomputer.Com Copyright © 2004 IlmuKomputer.Com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar